hayyy blogger....
thanks for visiting my blog, i'm sorry if there any mistake in that blog, please comment and give some suggestion for me.thanks

Rabu, 23 Januari 2013

Cara Atasi Cegukan

Kali ini saya akan berbagi  tips tentang cara mengatasi cegukan . Saya share karena berkali kali saya cegukan bahkan sering sehingga saya merasa sangat terganggu dengan kejadian ini. Karena merasa sudah tidak tahan lagi saya mencari tips di google tentang cara mengatasi cegukan.



Sebelumnya, apa sih cegukan itu? Dan apa pula penyebabnya?
Cegukan secara medis dikenal dengan

sebutan singultus, yaitu kondisi diafragma yang mengejang diluar kendali kita.
Cegukan biasanya terjadi karena tingkat karbondioksida dalam darah menurun drastis. Makanan pedas seperti cabai, lada atau kari juga bisa menimbulkan cegukan. Terlalu banyak minum alkohol juga bisa menyebabkan iritasi pada sistem saraf yang mengendalikan diafragma sehingga menyebabkan kejang pada otot yang memicu cegukan. Cegukan juga menandakan sinyal dari dari tubuh bahwa kita terlalu banyak makan. 

Cara Mengatasi Cegukan yang Tak Kunjung Sembuh
1. mengatur nafas dan rileks. Tariklah nafas dalam-dalam kemudian kelurkan perlahan, ulangi sampai beberapa kali. 

2. dengan teknik bernafas dengan menghirup udara dari salah satu lubang hidung untuk kemudian dikelurkan dari lubang hidung yang satunya.Tekniknya seperti ini, tutuplah lubang hidung sebelah kiri hirup udara dari lubang hidung sebelah kanan kemudian keluarkan udara dari lubang hidung sebelah kiri. Lalu lanjutkan dengan menghirup udara dari lubang hidung sebelah kiri dan keluarkan dari lubang hidung sebelah kanan. Lakukan teknik ini berulang-ulang.

3.mencoba minum air tanpa bernafas. Ini dilakukan untuk menaikkan kadar karbondioksidadan menstimulasi saraf vagus.


Tetapi jika sudah melakukan beberapa teknik mengatasi cegukan seperti diatas dan cegukan tak kunjung sembuh, dianjurkan untuk mengkonsumsi obat-obatan yang bisa mengatasi cegukan yang tentunya harus dengan resep dokter.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Next Prev home